Pedoman Untuk Poster

Ajang seminar SISFOTEK 2017 juga menerima publikasi berupa Poster. Berikut ini pedoman ringkas dalam pembuatan Poster.

1. Kandungan Poster Tidak seperti bentuk tulisan lainnya, yang terkandung dalam poster hanya langsung pokok permasalahanya karena audiens hanya mempunyai beberapa waktu untuk dapat belajar/memahami isi dari poster yang disajikan. Untuk mendapatkan perhatian mereka, pembuat poster menyajikan informasi yang paling penting dari hasil kerja. Memutuskan apa yang harus disajikan adalah elemen kunci dalam keberhasilan poster Anda.

2. Perhatian Umum Tentang konten

Memotong dan menyisipkan sebuah dasar penelitian atau kertas informatif ke poster akan memberikan terlalu banyak informasi dan akan membingungkan pembaca poster. Untuk mendapatkan dan menjaga perhatian pembaca poster, pertimbangkan informasi apa yang diringkas dan yang terpenting untuk diketahui pembaca. Lalu, pikirkan gambaran yang bisa dilakukan melalui visual gambar atau teks. Biasanya, semakin sedikit teks, semakin menarik suatu poster.

3. Tulisan

Karena poster memadatkan banyak informasi, bagian yang sulit adalah menentukan informasi yang relevan yang digunakan untuk presentasi. Jika Anda menggambarkan banyak informasi, beberapa pembaca akan membaca poster Anda sepenuhnya. Jika Anda menggambarkan terlalu sedikit informasi, pembaca mungkin tidak menyadari bahwa mereka kehilangan informasi penting. Salah satu kesalahan paling umum dalam mengembangkan sebuah poster adalah terlalu mengandalkan teks dan mencoba untuk memasukkan terlalu banyak penjelasan tekstual.

Karena pembaca dapat menerima informasi visual yang jauh lebih cepat daripada mereka membaca teks, gunakan grafis sebisa mungkin di dalam poster. Namun, ketika Anda dapat menyederhanakan dengan sedemikian ringkas menggunakan grafis, tambahkan sebagian teks sebagai gantinya. Jangan mencoba untuk memberikan penjelasan paling lengkap dari ide-ide yang kompleks di poster, tetapi gunakan teks untuk menyampaikan poin-poin penting dan sediakan ”handout” tambahan (jika memang diperlukan).

4. Instruksi Untuk Penyiapan Poster

  1. Media poster disarankan menggunakan x banner, seperti gambar dibawah ini :
  2. Tulisan di poster dapat dibaca oleh pembaca dari jarak 2 meter.
  3. Semua text dalam poster ditulis dengan font character Arial. Jumlah text antara 300 sd. 800 kata. Judul poster, nama penulis dan alamat penulis dibuat dengan ukuran 40 pt dan text lainnya dibuat dengan ukuran 16 s.d 18 pt.
  4. Tidak ada template khusus untuk menyiapkan poster Anda. Namun, kami mengharapkan Anda memiliki bagian poster yang menjelaskan “pendahuluan, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan”. Keywords dan references dapat ditambahkan juga dalam poster. Gambar berwarna juga dapat digunakan. Tolong jangan tampilkan abstrak paper Anda pada poster.
  5. Pemilik poster akan membawa poster mereka sudah dalam kondisi tercetak dan siap dipasang/ditempatkan menggunakan media x-banner.
  6. Poster akan ditempatkan di lokasi seminar SISFOTEK 2017.
  7. Pemilik poster wajib hadir disaat kegiatan sedang berlangsung dan memberikan informasi tentang poster. Penyaji poster yang tidak hadir dan menyajikan poster mereka pada tanggal dan waktu yang ditentukan, dianggap tidak menghadiri seminar SISFOTEK 2017 dan paper dianggap ditarik dari prosiding SISFOTEK 2017.

Untuk mendapatkan ide-ide bagaimana menyiapkan dan menyajikan poster paper yang efektif dan menarik, silahkan kunjungi link website di daftar Referensi berikut.Referensi: