Wisata

Paket wisata merupakan fasilitas tambahan jika para peserta seminar ingin menikmati keindahan alam ranah minang kabau. Wisata dilaksanakan pada hari Minggu, 24 September 2017, dengan rute alternatif :

  1. Kab. Tanah Datar : Nagari Pariangan, Desa Terindah Di Dunia, Istana Pagaruyung, dan Danau Singkarak, atau
  2. Kab. Pesisir Selatan : Mengunjungi Kawasan Mandeh, wisata laut dan pulau, atau
  3. Kota Bukitting : Jam Gadang, Ngarai Sianok dll.
  4. City Tour di Kota Padang, mengunjungi objek wisata di Padang.

Untuk kegiatan wisata ini akan dikenakan biaya tambahan serta dilaksanakan jika minimal peserta  (25 Р30 org) terpenuhi, menggunakan bus pariwisata.

  • Jam Gadang di Bukittinggi.

Jam Gadang adalah landmark kota Bukittinggi dan provinsi Sumatra Barat di Indonesia. Simbol khas Sumatera Barat ini pun memiliki cerita dan keunikan karena usianya yang sudah puluhan tahun. Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Peletakan batu pertama jam ini dilakukan putra pertama Rook Maker yang saat itu masih berumur 6 tahun. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota).

Simbol khas Bukittinggi dan Sumatera Barat ini memiliki cerita dan keunikan dalam perjalanan sejarahnya. Hal tersebut dapat ditelusuri dari ornamen pada Jam Gadang. Pada masa penjajahan Belanda, ornamen jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan. Namun saat Belanda kalah dan terjadi pergantian kolonialis di Indonesia kepada Jepang, bagian atas tersebut diganti dengan bentuk klenteng. Lebih jauh lagi ketika masa kemerdekaan, bagian atas klenteng diturunkan diganti gaya atap bagonjong rumah adat Minangkabau.

  • Kawasan Wisata Bahari Mandeh di Pesisir Selatan

Kawasan wisata Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, dan berbatasan langsung dengan kota Padang. Puncak Mandeh terletak kurang lebih 56 Kilometer dari Kota Padang dan dapat ditempuh menggunakan mobil selama 1 jam perjalanan. Kawasan wisata Mandeh sendiri mempunyai area seluas kurang lebih 18.000 Ha dan meliputi 7 desa dari 3 nagari yang penduduknya bekerja sebagai nelayan, beternak, dan bertani.

Kawasan Mandeh merupakan merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Tidak heran apabila Kawasan Mandeh ini terkenal di Indonesia maupun di tingkat internasional. Dari Puncak Mandeh anda bisa melihat gugusan Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil, serta Pulau Cubadak dan gradasi air lautnya yang menambah keindahan Kawasan Mandeh ini.

Di bagian selatan Kawasan Mandeh tepatnya di Kampung Carocok ada sebuah tanjung meliuk bagaikan sungai, sehingga teluk terlihat bagaikan sebuah danau yang menakjubkan dengan riak-riak kecil. Sedangkan di kawasan utara Mandeh terdapat beberapa pulau yang melingkar, yaitu Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular, dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.

Gerbang masuk Kawasan Mandeh dapat dicapai melalui laut dan jalan darat. Bila naik kapal / boat bisa dari Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan. Sedangkan bila melalui jalan darat, terdapat tiga alternatif dari tiga ruas jalan yang berbeda, alternatif pertama dari Pasar Tarusan melalui simpang carocok, dan alternatif kedua dari Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo. Ruas jalan terbaru ialah melewati Carocok, lalu menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sepanjang 12,5 Km.

  • Istana Pagaruyuang di Barusangkar, Tanah Datar

Istano Basa yang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, adalah sebuah istana yang terletak di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini merupakan objek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.  Keindahan Istana Baso Pagaruyuang tidak hanya memperlihatkan keindahan istana, tetapi juga lingkungan disekitarnya.

Objek wisata ini pantas jadi primadona, berdiri megah dengan halaman yang sangat luas. Ingin foto selfie lebih spesial, di lantai bawah istana terdapat penyewaan baju adat Minangkabau lengkap dengan aksesorisnya, cukup 35ribu bisa pakai sepuasnya di area istana.

Istana ini terdiri dari tiga lantai. Di dalam istana terdapat museum yang memamerkan beberapa peninggalan dari perlengkapan dan perabotan raja, singasana raja juga bilik putri raja dengan warna warni yang cerah dan indah.

  • City Tour di Padang